Desa Gangga 1 Rampungkan Evaluasi RAPBDes T.A. 2023

Minahasa Utara83 Dilihat

 

Minut – Pemerintah Desa Gangga 1, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Hukum Tua Moses Corneles, merampungkan Evaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahun Anggaran 2023, di Kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Utara, pada Rabu, 08 Maret 2023.

Menurut Hukum Tua Desa Gangga 1, Moses Corneles, RAPBDes Desa Gangga 1 yang telah disusun bersama dengan Kaur Perencanaan ini diajukan untuk dievaluasi sebagai syarat mutlak pembiayaan melalui Dana Desa.
“Sebelumnya RAPBDes ini telah melalui proses musyawarah Desa dan saat ini diajukan untuk di evaluasi Bupati melalui Dinas Sosial dan PMD. Syukur, telah selesai dengan baik, meski ada perbaikan-perbaikan untuk penyesuaian”, ujar Hukum Tua Moses Corneles.

 

Lanjut dikatakannya, “Mulai dari Bimtek penyusunan anggaran di Siskeudes hingga perampungan sampai ke Musdes, kami merasa terbantu. Sehingga, hal ini mempercepat proses pencairan Dana Desa tahun 2023 dan kami bisa segera merealisasikan program kerja, baik infrastruktur, BLT, untuk ketahanan pangan dan program Pemulihan Ekonomi Nasional, yang sinkron dengan program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, untuk terwujudnya Minahasa Utara Hebat melalui perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan berlandaskan iman dan gotong royong”, tukas Hukum Tua Moses Corneles.

Baca juga:  Selebrasi Paskah Pemuda dan Remaja GMIST Akan Digelar di Sonsilo Likupang Barat

Terpisah, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arnolus Wolajan, SSTP., MM. mengatakan, “Evaluasi RAPBDes ini merupakan amanat Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan Desa. Jadi setiap Desa harus memiliki RAPBDes yang dievaluasi oleh Bupati melalui dinas terkait, hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Desa yang tidak memiliki RAPBDes otomatis tidak bisa menerima Dana Desa,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Arnolus Wolajan, SSTP., MM.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Arnolus Wolajan, SSTP., MM. mengingatkan, “Setiap item belanja hendaknya disesuaikan dengan petunjuk teknis yang ada sehingga dapat menghindari kesalahan penggunaan Dana Desa dan juga diingatkan agar pekerjaan di tahap I dapat membayar pajak di tahap tersebut dan jangan menunggu bayar di tahap selanjutnya. Jangan sampai administrasi ini menghambat proses pencarian dana desa dari tahap satu ke tahan dua. Jadi pajak harus diperhatikan”, tandasnya.

Baca juga:  Lokakarya DPPKB, Bupati Joune Ganda Fokus Pencegahan Stunting di Minut

Ikut hadir dalam Evaluasi APBDes Desa Gangga 1 : Sekretaris Desa Gangga 1 Jenly F. Kadimateng, Pelaksana Kegiatan Anggaran, Bobby D. Tamudia, BPD dan Perangkat Desa.

(enol)