Senator SBANL Usul Buka Akses Pariwisata & Pendidikan di Batuputih Bitung

reses Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) di lokasi persemaian modern bibit kayu dan buah Likupang Batuputih Bitung (Foto: SBANL)

BITUNG – Ada hal menarik dalam Kunjungan Kerja (Kunker) dan reses Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL) di lokasi persemaian modern bibit kayu dan buah Likupang Batuputih Bitung milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Tondano yang berada di Taman Wisata Alam (TWA).

Melihat kondisi di lokasi persemaian seluas 30 hektar tersebut, Senator Stefanus Liow yang duduk di Komite II membidangi pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi lainnya dengan salah satu mitra kerjanya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengusulkan agar pihak pengelola membuka akses pariwisata dan pendidikan dilokasi persemaian serta gerai souvenir mengingat banyaknya turis baik lokal maupun mancanegara yang mendatangi Batuputih Bitung.

Baca juga:  Walikota Tomohon Resmikan Pemanfaatan Rumah Singgah

”Ya, usulan ini muncul juga dari kelompok masyarakat Batuputih, karena di sekitar lokasi tersebut banyak dihuni binatang Kera yang sudah termasuk hewan langka,” kata Senator Stefanus Liow di sela kunjungan kerja dimasa reses, sekaligus mendampingi masyarakat mengambil bibit kayu dan buah, Jumat (3/3/2023).

Dalam kunker tersebut, Senator Stefanus Liow juga sempat menghubungi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prof. Dr. Ir, Siti Nurbaya, M.Sc menggambarkan kondisi lokasi persemaian tersebut, sekaligus menyampaikan gagasannya.

Menteri Siti Nurbaya Bakar yang pernah menjabat Sekjen DPD RI dan Sekjen Kemendagri RI langsung memberikan respons positif. ”Oh bagus juga. Nanti saya tengok kesana bersama Dirjen dan kita ambil langkah ya. Itu sudah lama kita siapkan,” kata Menteri LHK RI.

Baca juga:  Ini Tanggapan Jaringan Aktivis Mahasiswa Sulawesi Utara Terkait Isu UU Cipta Kerja¬†

Sementara itu Kepala Seksi RHL BP DAS Tondano Erfan Harjono dan Manajer Persemaian Erwin menyambut baik kedatangan Senator Stefanus Liow.

Menurut Erwin Hardika Putra bahwa pihaknya memberi kesempatan kepada pemandu wisata membawa turis melihat secara langsung lokasi persemaian modern. Mendengar respon dari pihak manajemen lokasi persemaian, pemandu wisata batu putih memberikan terima kasih dan apresiasi kepada Senator Stefanus Liow yang mengfasilitasi langsung.

Menurut mereka bahwa Senator Stefanus Liow sudah dikenal cukup lama karena beberapa kali datang pelayanan dan pengabdian di Batuputih ketika menjabat Sekretaris lalu Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM. (*denny)