Tebar Bibit Ikan, Tumaluntung Perkuat Ketahanan Pangan

Minahasa Utara63 Dilihat
Kadis PMD Fredrik Tulengkey bersama Camat Kauditan Royke Rampengan, Kepala BPPP Bitung Ahmad Ridlouding dan Hukum Tua Richard Kamagi Tebar Bibit Ikan

 

Minut – Program ketahanan pangan, Pemerintah Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Hukum Tua Richard S. Kamagi, S.H. terus meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Tumaluntung, salah satunya dengan cara menebar bibit ikan mas di jaring kolam apung di perkebunan mataluntung, Desa Tumaluntung, pada Rabu, 07 Juni 2023.

 

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD), Frederik Tulengkey dalam sambutannya mengatakan, “Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) memberdayakan masyarakat. Potensi masyarakat harus dikembangkan. Potensi Desa Tumaluntung sangat besar, baik di pertanian maupun di perikanan.

 

Pemerintah membantu masyarakat Desa mendistribusikan 10.000 bibit ikan. Mari kita manfaatkan peluang yang ada. Pemerintah memberikan peluang untuk mengembangkan potensi yang ada. Untuk itu mari kita manfaatkan peluang yang ada untuk mengolah potensi Desa dan libatkan teknologi dalam membangun Desa”, ujar Kadis PMD Frederik Tulengkey.

Kepala BPPP Bitung, Ahmad Ridloudin, S.T., M.P. mengatakan, ” Penebaran 10.000 bibit ikan mas ini untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut, maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

Baca juga:  Rakor Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Joune Ganda Kukuhkan Bapak Asuh Anak Stunting

Protein ikan sangat tinggi. Dengan penebaran bibit ikan ini untuk menjaga kondisi lingkungan, juga untuk menjaga ketahanan pangan. Protein ikan sangat tinggi, mengandung omega, sehingga anak cucu kita terhindar dari stunting”, ujar Kepala BPPP Bitung, Ahmad Ridloudin, S.T., M.P.

Camat Kauditan Royke Rampengan mengatakan, “Pekerjaan perangkat desa bukan cuma mengurus masalah, tetapi berani mengambil tindakan untuk menjemput bola, mengambil berbagai kegiatan dan dibawa kedesa sendiri untuk kepentingan masyarakat banyak khususnya masyarakat Desa Tumaluntung.

Ketika salah satu Desa yang maju tentunya menjadi pecontohon bagi Desa Desa lain, dan mengapresiasi kepada Desa Tumaluntung yang menggelar berbagai kegiatan seperti ini, penebaran 10.000 bibit ikan di jaring kolam apung di perkebunan mataluntung, Desa Tumaluntung “, ujar Camat Royke Rampengan

Hukum Tua Desa Tumaluntung, Richard S. Kamagi, S.H. mengatakan, “Penebaran 10.000 bibit ikan mas ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat.
Dengan penebaran benih ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan dan ini juga sebagai upaya peningkatkan persediaan ikan mas.
Karenanya, masyarakat harus menjaganya dengan baik, dan harus dipastikan bermanfaat bagi masyarakat.
Dalam beberapa bulan ke depan, ikan yang ditebar hari ini akan menjadi stok gizi dan protein hewani bagi masyarakat, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan gizi keluarga”, ujar Hukum Tua Richard Kamagi.

Baca juga:  Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Minahasa Utara Terhadap (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2023

“Berharap, sosialisasi terus dilakukan agar bibit ikan yang ditebar tersebut bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kelestariannya sehingga dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat”, ujar Hukum Tua Richard Kamagi.

Penebaran bibit ikan masih di jaring kolam apung di perkebunan mataluntung, Desa Tumaluntung dihadiri juga oleh Ketua BPD Marthen Rotie, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Prov Sulut, Chandra Kaligis, S.IK Analis akuakultur, Bhabinkamtibmas Rizal Gilmar, Lembaga adat, tokoh masyarakat, tokoh Agama, Hendrikus Sigarlaki, SIP, Wakil Ketua BPD, perangkat desa, tamu undangan dan masyarakat.

(enol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *