DPRD Minut Setujui Ranperda APBD 2024

Minut – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat 2 Atas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Utara tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024, yang dilaksanakan di Kantor DPRD Minut, pada Kamis 30 November 2023.

Rapar Paripurna ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Minahasa Utara Denny K. Lolong, S.Sos. didampingi Wakil DPRD Minut Olivia Mantiri dan dihadiri langsung oleh Bupati Joune Ganda, SE., MAP., MM., M.Si. didamping Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH., MH.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 untuk ditetapkan menjadi Perda, Rapat Paripurna Istimewa ini.

Persetujuan ditandai dengan keputusan DPRD dan penandatanganan persetujuan bersama berita acara antara Bupati Minut Joune Ganda dengan Ketua DPRD Minut Denny K. Lolong.

Secara umum Ranperda APBD tahun 2024, maka hasil akhir dari pembahasan adalah sebagai berikut :

Pendapatan Daerah sebesar Rp.1.056.750.034.305,- (satu triliun lima puluh enam miliar tujuh ratus lima puluh juta tiga puluh empat ribu tiga ratus lima rupiah).

Belanja Daerah sebesar rp.1.057.677.634.305,- (satu triliun lima puluh tujuh miliar enam ratus tujuh puluh tujuh juta enam ratus tiga puluh empat ribu tiga ratus lima rupiah).

Pembiayaan netto sebesar RP.927.600.000.000,- (sembilan ratus dua puluh tujuh miliar enam ratus juta rupiah).

Bupati Joune Ganda dalam pendapat akhir mengatakan, “Mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, juga khusus kepada Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara yang telah memberikan dukungan, meluangkan waktu dan pemikiran, membahas secara Intens tentang APBD anggaran 2024 hingga pada hari ini dapat disetujui bersama.

Masukkan, saran serta rekomendasi dari Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara merupakan kritik membangun bagi kami beserta perangkat daerah untuk ke depan lebih baik dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah dan melayani masyarakat”, ujar Bupati Joune Ganda.

Ikut hadir dalam Rapat Paripurna ini Forkopimda, Kepala-kepala OPD, Para KaBag dan Camat se-Kabupaten Minahasa Utara.

(enol)