Peringatan HKN ke-59 di Manado Digelar di Dermaga Bunaken

Berita Utama, Manado59 Dilihat
(Foto: speednews)

MANADO – Wali Kota Manado Andrei Angouw melalui Waki Wali Kota Andrei Angouw membuka kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kota Manado yang digelar di Dermaga Bunaken Kepulauan, Selasa (14/11/23). Untuk tema HKN ke-59 tahun 2023 adalah  “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” sedangkan tema untuk Kota Manado adalah ” Transformasi Kesehatan Untuk Manado Maju dan sejahtera.

Wakil Wali Kota dr Richard Sualang dalam sambutannya mengatakan HKN ke-59 ini diperingati juga di Kota Manado. Momentum seperti ini mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan profesionalitas, pengabdian, lebih care kepada masyarakat yang sakit maupun tidak sakit.

“Pembangunan kesehatan sekarang harus dimulai dari yang sehat, artinya menjaga yang sehat agar tetap sehat tidak sakit dan yang sakit harus disembuhkan, tentunya harus dimulai dari diri kita sendiri,” kata Sualang.

“Atas nama Pemerintah Kota Manado, Wali Kota Andrei Angouw serta seluruh jajaran mengucapkan selamat memperingati  HKN  kepada seluruh stakeholder kesehatan  yang ada di Kota Manado salam hormat dan bangga dari pak walikota dengan pesan tingkat pelayanan, profesionalitas dengan tujuan utama melayani masyarakat Kota Manado,” ucap Sualang.

Baca juga:  Mulai Jumat Besok, FBKM 2024 Hentak Kota Manado

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Steaven Dandel MPH dalam laporan kegiatan mengatakan selain kegiatan HKN ke-59 ada juga kegiatan Jambore  Kader Kesehatan se Kota Manado dan Launching Integrasi Layanan Primer  yang akan dilaksanakan di Kota Manado.

“Ketiga acara ini sangat berkaitan satu sama lain karena karena di tema peringatan HKN ke-59  tahun ini adalah Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju. Kementrian Kesehatan telah enam prioritas transformasi kesehatan yaitu transformasi kesehatan layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi pelayanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan,” terang Dandel.

Lagi kata Dandel, kedepan transformasi layanan kesehatan primer ini akan ditulangpunggungi oleh ibu-ibu kader keeshatan karena sesuai dengan program kementrian kesehatan kader-kader kesehatan yang ada di Kota Manado akan diberikan 25 ketrampilan dasar untuk  sistem pelayanan kesehatan yang ada di Kota Manado.

Baca juga:  KPU Kota Tomohon Hadiri Rakor & Bimtek Peningkatan Kapasitas Protokoler

“Kader-kader akan menjadi subjek untuk bisa menjangkau masyarakat yang ada di kelurahan sampai diberbagai lapisan. Oleh Karenanya kegiatan HKN ke-59 dirangkaikan dengan jambore kader kesehatan nasional, karena kader ini nantinya akan diberikan penguatan untuk membantu transforamsi layanan kesehatan primer. Untuk kegiatan yang ketiga adalah launching  Integrasi Layanan Primer yang memang di endors kementrian kesehatan untuk dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Manado Ny Irene Golda Angouw-Pinontoan memberikan secara langsung pemberian makanan tambahan bagi balita kurang gizi dilanjutkan dengan launching integritas pelayanan kesehatan ditandai dengan pelepasan balon

Nampak hadir Ketua TP PKK Kota Manado Ny Irene Golda Angouw-Pinontoan. Asisten I Juleses Ohlers, SH, Kadis Kesehatan dr Steaven Dandel, Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak, SE, Lurah se kecamatan Bunaken Kepulauan, staf khusus walikota Manado Ibu Caroles, para Kepala Puskesmas se Kota Manado, Kapolsek, Danramil, Ketua TP PKK Kecamatan Bunaken Kepulauan serta undangan lainnya. (denny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *