Bimtek, Kamagi : Tingkatkan Kapasitas Aparat Desa, Wujudkan Minut Hebat

Minut – Pemerintah Desa Wisata Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Hukum Tua Richard Kamagi, menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparat Desa, yang diselenggarakan di Kantor Desa Tumaluntung, pada Selasa, 28 November 2023.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparat Desa dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Fredrik Tulengkey dan KaBid PMD, juga Camat Kauditan, Royke Rampengan, sebagai nara sumber.

“Tujuan dari Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparat Desa ini antara lain, untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah Desa, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap aparatur pemerintah Desa, dalam penyelenggaraan pemerintah Desa, khususnya manajemen pemerintah Desa. Selain itu, juga sebagai media sosialisasi kebijakan-kebijakan pemerintah, terkait penyelenggaraan pemerintah Desa”, ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Fredrik Tulengkey.

Lanjut dikatakannya, “Dalam Undang-Undang Nomor 4 tahun 2016, salah satu struktur dalam pemerintahan desa adalah Kepala Desa. Kepala Desa merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah desa karena menjadi pimpinan tertinggi dalam pemerintahan di desa, sehingga baik itu Kepala Desa maupun Perangkat Desa wajib memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian. Peningkatan kapasitas perangkat desa sangat penting dilakukan agar desa dapat menjadi lebih mandiri dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Dengan adanya perangkat desa yang kompeten, partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa juga dapat meningkat, sehingga pembangunan desa dapat berjalan dengan lebih baik. Juga pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan desa, melakukan pengelolaan keuangan desa dengan baik dan menjaga transparansi serta akuntabilitas dalam penggunaan anggaran desa”, tukas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Fredrik Tulengkey.

Camat Kauditan Royke Rampengan mengatakan, “Kapasitas pemerintahan desa merupakan kemampuan perangkat desa untuk menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan secara efektif dan efisien, dengan memperhatikan prinsip tata kelola yang baik dan mengutamakan partisipasi masyarakat. Dengan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas perangkat desa diharapkan perangkat desa Tumaluntung dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik dan menghasilkan pelayanan yang lebih baik pula kepada masyarakat desa Tumaluntung dan dapat menyelenggarakan pengelolaan pemerintahan dan pembangunan juga dapat meningkatkan kualitas pemerintahan dan pembangunan di desa Tumaluntung”, ujar Camat Kauditan Royke Rampengan.

Hukum Tua Richard Kamagi mengatakan, “Peningkatan kapasitas perangkat desa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perangkat desa dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan desa. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa dan meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel. Dengan meningkatkan kapasitas perangkat desa, diharapkan desa Tumaluntung dapat menjadi lebih baik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih baik. Dengan pembinaan ini, diharapkan perangkat Desa Tumaluntung mampu lebih menerapkan budaya kerja yang baik, disiplin waktu dan bertanggung jawab dengan tugas pokok dan fungsinya.
Perangkat desa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola pemerintahan dan pembangunan desa, partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa meningkat, pengelolaan keuangan desa lebih transparan dan akuntabel, sehingga desa Tumaluntung dapat menjadi lebih maju dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, sejalan dengan program, visi dan misi Pemerintahan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, mewujudkan Minut Hebat “, ujar Hukum Tua Richard Kamagi.

(enol)