Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Gedung PWI Sulut

(Foto: ist)

MANADO – Selang hampir tiga tahun menanti, kini anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Sulawesi Utara, memiliki Gedung Kantor yang representatif.

Itu setelah Bapak Gubernur Sulut Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE yang juga sebagai Ketua Dewan Penasehat PWI Sulut, meresmikan Gedung PWI Sulut, di Jalan Sudirman, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Selasa (6/2/24).

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut sejumlah penasehat PWI Sulut, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Hangky Gerungan dan Pdt Lucky Rumopa.

Acara ini juga disaksikan ratusan wartawan anggota PWI Sulut dari berbagai kabupaten/kota dan pejabat teras Pemprov Sulut.

Di antaranya, Sekretaris Pemprov Sulut Stive Kepel, Asisten I Denny Mangala, Asisten III Frangky Manupil dan Kadis PU Sulut Deyci Paat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey menegaskan, jurnalis merupakan ujung tombak penyebaran informasi.

Karena itu, Ia berharap wartawan dalam menulis berita harus valid dan berimbang.

‘Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini insan pers mempunyai tanggungjawab penting menghalau informasi palsu atau hoax,’ ujarnya.

Olly menegaskan, disinilah peran PWI menjadi corong pemberitaan yang sesuai fakta di lapangan sesuai Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

Anggota PWI lanjutnya, dapat memberi contoh dalam mempublikasikan berita yang benar. Sebab, menjadi anggota PWI itu melalui jenjang pendidikan uji kompetensi wartawan.

Gubernur Olly berharap Gedung PWI dapat dipergunakan sesuai peruntukan, baik demi kepentingan organisasi maupun masyarakat.

‘Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam mengsosialisasi setiap program pemerintah pasti selalu bersinergi dengan PWI,” katanya.

Sementara itu Ketua PWI Sulut Drs Voucke Lontaan menyatakan, peresmian Gedung Kantor PWI Sulut dengan nilai Rp 1, 3 miliar yang dialokasikan lewat APBD Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

” Atas nama seluruh anggota PWI di Sulut, saya sampaikan terima kasih kepada Bpk Gubernur selaku penasehat yang sangat peduli, sehingga membangun Gedung PWI Sulut yang baru, setelah terbakar medio bulan Mei 2021 lalu,” katanya.

Voucke menilai, Gedung PWI Sulut ini merupakan gedung PWI tercantik di Indonesia dibandingkan dengan Gedung PWI di Indonesia lainnya. (***)