Pemkot Manado Sosialisasikan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD TA 2023

Kepala BKAD Kota Manado saat membuka kegiatan (foto: speednews)

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) mensosialisasikan penyusunan laporan keuangan SKPD TA 2023 dan sosialisasi perencanaan pengadaan barang/jasa pada tahapan penyusunan HPS dan KAK/ Spesifilaai teknis yang digelar di Hotel Granpuri, (13/02/24).

Wali Kota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BKAD Bart Assa mengatakan pengelolaan keuangan tidak pernah mudah. Tetapi juga tidak mustahil.

Dikatakannya, pengelolaan keuangan yang benar dimulai dari kesederhanaan, berpegang ketelitian dan mengarah pada kejelasan.

Pengelolaan keuangan yang sederhana, teliti, dan jelas dari level paling bawah hingga ke atas pada gilirannya akan berbuahkan peningkatan mutu layanan pemerintahan.

“Saya sampaikan pemahaman ini, agar rekan-rekan semua senantiasa mengingat dan menerapkan esensi pengelolaan keuangan ,” ujar Assa.

Dirinya percaya, esensi tersebut juga berguna dalam hal penyusunan laporan keuangan SKPD Tahun Anggaran 2023, juga dalam hal perencanaan pengadaan barang/jasa pada tahapan penyusunan  HPS dan KAK/spesifikasi teknis.

“Kita sadari laporan keuangan SKPD bernilai penting, karena dari laporan tersebut kita dapat melihat sejauh mana Pemerintah Kota Manado berproses melayani masyarakat. Sederhananya, bila SKPD dapat mengelola keuangannya dengan baik, maka laporan keuangannya juga pasti sederhana, teliti dan jelas,” tandasnya.

Terkait, perencanaan barang/jasa pada tahapan penyusunan HPS dan KAK/spesifikasi tekniis, merumuskam.HPS tidak boleh sembarang hitung

“Pengadaan barang/jasa juga harus memperhatikan spesifikasi teknis. Salah spesifikasi pengadaan barang/jasa tidak akan tepat sasaran apalagi tepat guna,” pungkasnya.

Untuk itu diharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian. Pelajari dan kuasai materi agar nanti bisa diterapkan di SKPD masing-masing.

Ia berharap dari kegiatan ini mutu pengelolaan keuangan di setiap SKPD akan beranjak naik, tata kelola keuangan SKPD yang benar, sederhana, teliti dan jelas akan berkontribusi positif  pada kualitas tata kelola keuangan Pemkot Manado.

“Pada gilirannya hal ini akan meningkatkan mutu tata kelola pemerintajan fan pelayanan publik Pemkot Manado yang bersih dan berwibawa,” imbuhnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Kaban BKAD Kota Manado Bart Assa dengan menghadirkan satu orang nara sumber, serta diikuti oleh para kepala SKPD Pemkot Manado.