DPRD Manado Hadiri Kegiatan Forum Perangkat Daerah RKPD 2025

(Foto: speednews)

MANADO – Mewakili Ketua DPRD Kota Manado Dra Aaltje Dondokambey, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Manado Sonny Lela, S.Sos mengikuti serta menjadi narasumber di kegiatan Forum Perangkat Daerah RKPD Kota Manado 2025 di Aula Sebaguna Kantor Walikota Manado, Jumat (08/03/24).

Ketua Bapemperda DPRD Kota Manado Soni Lela saat mengikuti kegiatan RKPD (Foto: speednews)

Ketua Bapemperda DPRD Kota Manado Sonny Lela, memimpin sesi yang membahas pokok-pokok pikiran DPRD dalam mendukung pembangunan Kota Manado. “Kontribusi dari anggota DPRD menjadi cerminan dari aspirasi masyarakat yang diwakilkan dalam pembangunan kota Manado,” ucap Lela.

(Foto: speednews)

Kegiatan yang digelar oleh Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kota Manado ini merupakan forum penting yang membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

(Foto: speednews)

Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi para pemangku kepentingan untuk menyelaraskan langkah-langkah strategis dalam pembangunan Kota Manado.

Acara ini diawali dengan sambutan dan pembukaan yang disampaikan dengan hangat oleh Wali Kota Manado, Andrei Angouw. Dalam sambutannya Angouw tidak hanya membuka acara, tetapi juga menyampaikan materi mengenai capaian dari 15 Program Unggulan yang telah dicapai.

Baca juga:  3 Tahun Kepemimpinan, AARS Didoakan Pdt Manampiring
(Foto: speednews)

Kata Angouw, Forum Perangkat Daerah ini untuk membahas RKPD 2025 dan ini menjadi sarana pembuatan APBD termasuk menampung hasil musrembang dan reses DPRD Kota Manado dalam koridor Visi Misi Kepala Daerah.

“Ini nantinya akan dibuat KUA PPAS sehingga kita akan meramu program Kota Manado kedepan tahun 2025 yang nanti sejalan dengan Visi Misi yang ada,” urai Wali Kota.

(Foto: speednews)

Wali Kota mengambarkan secara umum Visi dan Misi termasuk capaian 15 program unggulan yang sedang dilakukan sambil memberikan beberapa contoh yang sedang dilakukan terutama berbagai kinerja SKPD dalam kaitan untuk meningkatkan investasi di Kota Manado.

Wali Kota juga memaparkan panjang lebar 15 program unggulan ini satu per satu terutama yang sudah dilakukan di Kota Manado yang menurut Wali Kota semua ini untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Manado.

(Foto: speednews)

Selanjutnya, Wakil Wali Kota Dr. Richard Sualang Wawali RS memaparkan evaluasi terhadap target dan capaian RPJMD-RKPD Perangkat Daerah Tahun 20

Baca juga:  KPU Sulut Gelar Festival Anggaran & Sosialisasi Pilkada 2024

Dalam paparannya, Wawali memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pencapaian serta tantangan yang dihadapi selama periode tersebut.

Foto bersama

Sementara itu, Sekretaris Daerah Dr. Micler C. S. Lakat, SH, MH, membawakan materi pengantar Forum Perangkat Daerah dengan menyertakan usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan.

Usulan tersebut menjadi titik fokus penting dalam rangka memperkuat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan.

Kepala Bapelitbang, Dr. Liny Tambajong, ST. MSi, mengakhiri sesi diskusi dengan memberikan kesimpulan dan deskripsi menyeluruh atas pembahasan yang dilakukan.

Hadir dalam kegaitan ini Wali Kota Manado Andrei Angouw, Wakil Wali Kota dr Richard Sualang, Sekot Manado Dr. Micler C.S. Lakat, S.H. M.H, Kepala Bapelitbang Manado Dr. Ir. Linny Tambayong S.T. M.Si, Sekretaris DPRD, Heri Saptono,  para kepala SKPD, para pejabat eselon, Camat, staf khusus Wali Kota dan stake holder lainnya. (adve)