DPPKB Minut Sambut Tim Penilai Lomba Kampung KB BKKBN Sulut

Minahasa Utara267 Dilihat

Minut – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Kauditan 1, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara mendapat kunjungan dari Tim Penilai Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024, pada Kamis, 04 April 2024.

Kedatangan Tim Penilai Lomba Kampung KB dari BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, yang diketuai oleh I Nyoman Erawan diterima langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Utara, dr. Jane M.S. Symons, M.Kes. didampingi Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Advoksi Pergerakan dan Informasi Masye Sofie Mekel dan Staf Khusus Bupati Bidang Pencegahan Stunting, Dr. Edwin Wantah.

Ketua Tim Penilai Lomba Kampung KB BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, I Nyoman Erawan mengatakan, “Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan ditingkat provinsi. Nantinya setelah menang di tingkat Provinsi, kami akan kirim ke tingkat nasional. Tahun lalu yang mendapat Juara 1 Minahasa Selatan dan sampai tingkat Nasional, dan berhasil mendapat peringkat 4. Di Kabupaten Minahasa Utara saya melihat dukungan Pemerintah dan masyarakat sangat luar biasa. Pemenangnya nanti diumumkan Tanggal 27 April di Rakerda nanti.

Penilaian kampung KB ini bukan saja dilihat dari Fisiknya. Ini sudah terinput, kegiatan-kegiatan kampung KB karena semua kegiatan sudah ter Upload di website Kampung KB apapun kegiatan sudah terkirim dipusat. Penilaian ini murni semua nilai yang kami kirim harus sesuai dengan website”, ujar Ketua Tim Penilai Kampung KB BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, I Nyoman Erawan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Utara, dr. Jane M.S. Symons, M.Kes. mengatakan, “Kehadiran tim penilai dalam proses Penilaian menjadi momen yang membanggakan. Kesempatan Penilaian diharapkan dapat melihat secara langsung upaya yang telah dilakukan oleh warga Desa Kauditan 1 dalam memajukan Kampung KB nya.

Baca juga:  Richard Kamagi Dapat Penghargaan "Putra Kawanua Berprestasi Award 2024"

Kami menyambut dengan baik, berterima kasih dengan dukungan yang diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Utara, khususnya di Desa Kauditan 1. Walaupun di kampung KB nya masih dalam proses penilaian, tapi terkait dengan rumah data, sudah menggunakan data ini untuk mengambil kebijakan-kebijakan di tingkat Kabupaten Minahasa Utara, sehingga kebijakan yang kami ambil benar-benar bisa efektif.

Kami juga berterima kasih atas semua dukungan yang diberikan BKKBN Provinsi terhadap upaya-upaya ini. Karena sejatinya, Keluarga Berkualitas (KB) ini yang menjadi modal kita, menjadi modal untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, serta mendorong terwujudnya Minahasa Utara yang Hebat berbasis dengan ketahanan keluarga, sejalan dengan program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H.”, ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Utara, dr. Jane M.S. Symons, M.Kes.

Hukum Desa Kauditan 1, Nancy Worung, Bsc. mengatakan, “Mengucapkan terima kasih kepada Tim Penilai Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dari BKKBN Provinsi Sulawesi Utara dan juga terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Utara, Kadis dr. Jane M.S. Symons, M.Kes.”, ujar Hukum Desa Kauditan 1, Nancy Worung, Bsc.

Baca juga:  Rembuk Stunting, Jane Symons : Minut Berhasil Turunkan Angka Stunting secara Signifikan

Lanjut dijelaskannya, “Keberadaan Kampung Kb Desa Kauditan 1 tidak terlepas dari Rumah Dataku. Rumah Dataku Kencana Desa Kauditan 1 adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistim pengelolaan dan pemanfĂ atan data kependudukan di tingkat mikro mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, menverifikasi, menganalisis, data yang bersumber dari, oleh dan masyarakat sebagai basis untuk intervensi pembangunan di kampung KB Desa Kauditan 1 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Posisi rumah dataku Kencana Desa Kauditan 1 sangatlah strategis karena merupakan pusat semua penyajian data pembangunan di kampung KB baik fisik maupun non fisik.

Adapun data yang terpasang adalah Struktur Organisasi Pengurus Kampung KB Desa Kauditan 1, Peta Kampung KB, Peta pembangunan lintas sektoral Kampung KB, Peta Potensi Desa Kauditan 1, ROAD MAP Kampung KB, Jadwal pelaksanaan program kegiatan kampung KB, Data PUS dan peserta KB beserta grafik nya, Grafik Akseptor KB Baru, Daftar peserta KB MKJP, Data penduduk dan tahapan Keluarga Sejahtera, Capaian KB dan Foto-foto dokumentasi kegiatan Kampung KB Desa Kauditan 1

Dengan adanya ketersediaan dan penyajian data yang valid, terkini dan terpercaya maka rumah dataku Kencana Desa Kauditan 1 dapat di jadikan pusat informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan terutama yang terkait dengan pelaksanaan 8 fungsi keluarga”, jelas Hukum Desa Kauditan 1, Nancy Worung, Bsc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *