Pasca Bencana, Bupati Joune Ganda Rakor Penetapan Status Bencana

Minahasa Utara198 Dilihat

Minut – Bupati Joune Ganda memimpin langsung rapat koordinasi terkait penetapan status bencana dan penanganan pasca bencana banjir dan longsor yang terjadi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Minahasa Utara, yang dilaksanakan secara zoom meeting di lantai 3 kantor Bupati, pada Senin, 08 April 2024.

Rapat Koordinasi yang diikuti oleh Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Forkopimda Kabupaten Minahasa Utara, Danlanudal Manado, Kodim Manado, Polresta Manado, Sekertaris Daerah, para Kepala OPD dan para Camat serta perwakilan BMKG ini, dituntun oleh Kepala Pelaksana BPBD Theodore Lumingkewas didampingi Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kadis PUPR Jorry Tintingon, Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki dan Kabag Hukum serta diikuti juga oleh para Kabid di BPBD.

Baca juga:  Ketua DPRD Denny Lolong Ucapkan Slemat HUT Ke-189 Desa Suwaan

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Bupati Joune Ganda ini dilakukan dalam rangka peningkatan penetapan Status Siaga Darurat Bencana menjadi Status Tanggap Darurat Bencana akibat dampak cuaca ekstrem yang menyebabkan terjadinya bencana banjir tanah longsor dan pohon tumbang di sebagian wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bupati Joune Ganda menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor dan koordinasi yang efektif antara instansi terkait. Bupati Joune Ganda juga memastikan bahwa langkah-langkah tanggap darurat telah diimplementasikan dengan baik untuk meminimalkan dampak negatif bagi masyarakat.

Para pejabat dan instansi terkait menyampaikan laporan terkini tentang kondisi lapangan, upaya penanggulangan yang telah dilakukan, serta langkah-langkah preventif yang akan dan telah diambil untuk mengurangi risiko bencana.

Baca juga:  Sigap, Polsek Singkil Berhasil Amankan Pelaku Pencurian Terali Besi

Bupati Joune Ganda menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara siap memberikan bantuan dan dukungan maksimal kepada warga yang terdampak, serta menjalankan upaya rehabilitasi pasca bencana untuk memulihkan normalitas secepat mungkin.

Rapat koordinasi ini menjadi forum penting bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Minahasa Utara akibat banjir dan tanah longsor. Sinergi antara Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dan membangun ketahanan terhadap bencana.

(enol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *