Sario Bertekad Jadi Juara di Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan

Berita Utama, Manado3789 Dilihat
Tim Penilai saat melakukan penilaian di Kelurahan Sario Kecamatan Sario (Foto: speednews)

MANADO – Kelurahan Sario Kecamatan Sario bertekad untuk meraih yang terbaik di lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan serta lomba administrasi PKK tingkat Kota Manado Tahun 2024

Hal tersebut tersebut bisa dilihat dari berbagai persiapan yang dilakukan Kelurahan Sario baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun berbagai fasilitas yang tentunya akan memberikan dampak buat tim penilai yang akan menilai.

(Foto: speednews)

Didukung dengan fasilitas yang bisa dikatakan memadai, Kelurahan Sario siap mewakili Kota Manado di lomba evaluasi perkembangan kelurahan tingkat provinsi Sulut tahun 2024.

“Kecamatan Sario mengutus Kelurahan Sario untuk ikut dalam lomba tersebut. Tentunya bukan hanya sekedar sudah ikut berpartisipasi tapi lebih dari itu untuk mendapat yang terbaik,” terang Camat Sario Handry Lasut, Senin (29/04/24).

(Foto: speednews)

Menurut Lasut segala persiapan untuk mengikuti lomba tersebut sudah disiapkan dengan sebaik-baiknya. “Berharap kepada tim penilai untuk menyampaikan apa saja yang masih dianggap belum siap, agar kami bisa memperbaikinya,” ucapnya.

(Foto: speednews)

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Kota Manado Rollies Rondonuwu diwakili Kabid Pemberdayaan Meiske Sekoh, SH membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Sekoh mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional yang di mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.

Baca juga:  PWI Pusat akan Gelar Seminar Pilkada Damai

Menurut Sekoh, untuk Kelurahan Sario adalah kelurahan  ke 8 yang dikunjungi tim penilai.

(Foto: speednews)

Dijelaskannya, kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan berlaku ditingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, ” terangnya.

Lanjut Sekoh, untuk maksud dan tujuannya adalah untuk  mengetahui status tertentu
dari capaian hasil perkembangan sebuah Kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat

“Tentunya juga untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan,” imbuhnya.

Lagi kata Sekoh, untuk Peserta Lomba ada 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian.

Sementara itu tim penilai Administrasi PKK Kota Manado juga melakukan kunjungan ke kelurahan Sario Kecamatan Sario untuk melakukan penilaian administrasi PKK.

Menurut Jolly Engka salah satu Tim  pemilai tertib administtasi PKK Kota Manado mengatakan penilaian administrasi ini bertujuan agar masyarakat terus aktif dalam setiap kegiatan yang ada.

Terutama mewujudkan 10 program pokok PKK yang telah di canangkan, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Baca juga:  Sekda Micler Lakat Ikut Rakor Perangkat Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Sulut

“Dengan harapan kegiatan ini membawa manfaat dan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh ibu-ibu PKK kelurahan yang ada di Kecamatan Sario untuk meningkatkan kreativitas sehingga mampu menunjang peningkatan taraf kehidupan keluarga menjadi lebih baik lagi,” harap Engka seraya mengajak kepada seluruh ibu-ibu agar dapat terus aktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan PKK.

Hadir sebagai Tim Penilai, dari Dinsos diantaranya Paulus Suatan, Natasha Raintung, Christi Tatuh Felix Tamah.

Dari unsur Pembangunan Vera Kereh, dari Unsur Pemerintahan Jemmy dan Jean Atile, dari Dinas Kesehatan Meriansi Sarambe dan Masry, dari unsur Keamanan Samuel Kunia, dari unsur media Steven Rondonuwu, dari Dinas Pendidikan Margaretha.

Sedangkan dari Tim Penilai Administrasi PKK hadir Jolly Engka, Detty Emor, Michikita dan ibu Linda.

Hadir juga Camat Sario Handry Lasut bersama Ketua Tim PKK Ny Lasut -Mamahit, Lurah Sario bersama istri para Lurah se kecamatan Sario, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Dandramil, Kapolsek, Ketua Lingkungan serta undangan lainnya. (denny)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *