Rakor Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Joune Ganda Kukuhkan Bapak Asuh Anak Stunting

Minahasa Utara662 Dilihat

Minut – Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H., menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan pada Senin, 06 Mei 2024.

Kegiatan ini digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Minahasa Utara. Dalam kegiatan ini Bupati Joune Ganda mengukuhkan Forkopimda Minut sebagai Bapak Asuh Anak Stunting dan memberikan penghargaan kepada pihak swasta yang sudah berkontribusi dalam penanganan stunting.

Dalam Rapat Koordinasi Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Minahasa Utara dilakukan koordinasi dan evaluasi aksi percepatan penurunan stunting oleh TPPS Kecamatan, TPPS Desa dan mitra kerja.

Bupati Joune Ganda mengatakan, “Kabupaten Minahasa Utara telah mencapai tingkat penurunan angka stunting yang sangat signifikan dibandingkan tahun 2022 terhadap 2023. Tahun 2022 anak stunting di Minut 20,5% dan ditahun 2023 kita menurun drastis mencapai 10,5%.
Yang kita harapkan dengan bertambahnya Bapak Asuh Anak Stunting, tahun 2024 kita ingin mencapai single Digit untuk anak stunting di Minut”, tandas Bupati Joune Ganda.

Baca juga:  Pimpin Apel, Bupati Joune Ganda Canangkan Budaya Inovasi yang Berdampak

Lanjut dikatakannya, “Sebagai informasi, Presiden menargetkan angka stunting maksimal di Tahun 2024 adalah 14%. Di Kabupaten Minahasa Utara sendiri kita bersyukur kita sudah dibawah target dari Pemerintah Pusat. Untuk ini kita harapkan kolaborasi dari kita semua Forkopimda, perusahaan-perusahaan swasta yang ikut bersama sama kita menurunkan tingkat anak stunting di Minut dan memberikan hasil yang positif, sehingga target-target yang kita harapkan untuk mencapai single Digit di tahun 2024 tentunya bisa tercapai”, ujar Bupati Joune Ganda.

Sasaran kegiatan ini adalah Tim Percepatan Stunting Kabupaten Minahasa Utara, Kecamatan, Desa dan mitra kerja yang terdiri dari pihak swasta, tenaga ahli, pemberdayaan masyarakat, konsultan, PKK.

Yang menjadi Narasumbernya ialah Koordinator Satgas Penurunan Stunting Sulut, Tim Percepatan Stunting Sulut, Tim Pakar Ahli Gizi, Staf Khusus Bupati Bidang Pencegahan Stunting.

Baca juga:  Ketua DPRD Denny Lolong Serahkan Hasil Reses kepada Bupati Joune Ganda

Hasil yang diharapkan, komitmen dari stake holder untuk melaksanakan program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Minut, tersusunnya tim kerja percepatan penurunan stunting dan mitra kerja Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2024.

Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten diikuti oleh peserta yang terdiri dari Hukum Tua se-Kabupaten Minahasa Utara, Satgas Penurunan Stunting, OPD yang terkait, Perusahaan Swasta dan BUMN.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pengukuhan Forkopimda Minahasa Utara sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, Kajari Minahasa Utara Edmond. N. SH.MH, Ketua Pengadilan JUPLY SANDRIA PANSARIANG, S.H., Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH., MH dan DandimĀ  Manado dan Dandim Bitung/Minut serta pemberian penghargaan bagi pihak swasta yang sudah berkontribusi dalam penanganan stunting.

Penerima penghargaan
PT Tirta investama aqua
PLTU kema 1
LSM Manengkel Solidaritas
PT MSM
PT Angkasa Pura

(enol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *