banner 325x300
banner 120x600
banner 120x600

Polii & Lombogia Ikut Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih & Penggunaan Aplikasi SIDALIH

(Foto: ist)

TOMOHON – Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Arinny Y. Poli serta Operator Sidalih Prisca Lombogia mengikuiti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta e-Coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari bersama Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat dan August Mellaz membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya Hasyim berharap bahwa KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota untuk kerja secara maksimal untuk memastikan pemilih dapat menggunakan hak pilihnya.

Ada 3 prinsip yang harus diperhatikan yaitu komperhensif, akurat dan mutakhir atau up to date.

Selanjutnya, Betty memimpin sesi arahan. Pada sesi arahan, Drajat menyampaikan bahwa data pemilih merupakan dasar dalam melakukan pengadaan logistik oleh karena itu penting untuk cermat dan akurat.

Baca juga:  Alumni Stikom Manado Bakal Mendirikan LPK Jurnalistik

Afif pun menyampaikan apresiasinya terkait Data Pemilih Pemilu 2024 ini lebih baik dibanding Pemilu sebelumnya. Dan tetap selalu kompak, dan menjaga marwah kepercayaan publik kepada KPU melalui data yang baik.

Mellaz pun berharap bahwa keberhasilan yang baik pada Pemilu 2024 dapat dilanjutkan kembali di Pilkada 2024.

Anggota KPU Betty Epsilon Idroos memberikan materi pada Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta e-Coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Walikota serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Pada sesi materi, Betty memaparkan bagaimna persiapan menuju coklit yang akan dilaksanakan selama sebulan.

Baca juga:  Peserta Lomba Pidato Tingkat SD & SMP di FBKM Membludak

Apa saja yang harus diperhatikan pada penggunaan sidalih, hingga penggunaan cekdptonline.kpu.go.id yang akan disinkronisasikan dengan data sidalih untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan pengecekan data diri sebelum DPT disahkan.

Sebelumnya dilakukan sesi materi yang dihadiri Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Pranata Komputer Ahli Madya, Ditjen Dukcapil Kemendagri Hera Mutiara, dan Pranata Komputer Pertama Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham, Aditya Prama Putra.

Dalam agenda ini, diperkenalkan juga penggunaan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), e-coklit, serta keamanan siber untuk Pilkada.

Turut hadir pejabat eselon I dan II Setjen KPU, Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *