Melalui Sanggar Kegiatan Belajar, Pemkot Dorong Masyarakat Pengangguran dan Putus Sekolah Untuk Miliki Ketrampilan Kerja.

Tomohon100 Dilihat
Asisten II Ronni Lumowa foto bersama peserta kursus
Asisten II Ronni Lumowa foto bersama peserta kursus dan kelembagaan.

TOMOHON – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kota Tomohon melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tomohon menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Kursus dan Kelembagaan Kota Tomohon. Kegiatan yang dilaksanakan pada 28 Juni – 1 Juli 2016 ini bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Tomohon di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos. M.Si, mengatakan bahwa pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Kursus dan Kelembagaan yang dilaksanakan ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon untuk mendorong masyarakat dalam hal ini anak putus sekolah/penggangguran untuk dapat memiliki kecakapan hidup yang nantinya dapat dijadikan bekal dalam bekerja atau kewirausahaan.

“Kondisi Kota Tomohon yang aman dan terkendali sangat memungkinkan para pelaku usaha mengembangkan usaha baik kelompok maupun perseorangan. Pemerintah Kota Tomohon sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini. Oleh karena itu masyarakat perlu didorong untuk dapat membuka usaha sendiri/mandiri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri bahkan untuk orang lain,” kata Lumowa.

Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Kota Tomohon Ibu Mareyke Manengkey dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan program pembinaan kursus dan kelembagaan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dengan prioritas usia 16-40 tahun untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental sesuai dengan kebutuhan untuk bekerja.

“Selain itu untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengikuti program kursus berbasis kompetensi, serta memfasilitasi penempatan kerja pada dunia usaha; memberikan berbagai keterampilan kerja bagi warga masyarakat yang mengganggur karena tidak memiliki keterampilan kerja dan mendorong satuan pendidikan dan lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan untuk memberikan pembekalan bagi masyarakat agar memiliki keterampilan kerja sekaligus mengurangi penggangguran,” jelas Manengkey.

Kegiatan Pendidikan Kursus dan Kelembagaan dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Tomohon Ronny Lumowa, S.Sos. M.Si, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Kota Tomohon Ibu Mareyke Manengkey dan Para Peserta Kegiatan Pendidikan Kursus dan Kelembagaan.

 

(Denny Poluan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *