Eman: Pemerintah Wajib Menjamin Ketersediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Tomohon45 Dilihat
Pelayanan Kesehatan
Wali Kota Eman saat memimpin rapat (foto: humas)

 

TOMOHON – Pemeliharaan kesehatan pada lansia tetap sehat, mandiri, aktif dan produktif secara sosial dan ekonomi, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah berkewajiban untuk menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan.

 

Hal tesebut dikatakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak saat memberikan sambutan sekaligus pemateri di kegiatan Pendidikan dan latihan atau Diklat Pelayanan Kesehatan Lansia Pendidikan dan Pelatihan Perawatan Kesehatan Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Tomohon di Rogs Cafe, Kamis (28/02/19)

 

Saat menyampaikan materi  Wali Kota Eman mengingatkan agar para lansia tetap beraktivitas meskipun sudah lansia, aktivitas ini penting untuk kesehatan.

 

Walikota mengharapkan kepada para lansia hadir untuk meneruskan materi yang disampaikan kepada rekan-rekan lansia lainnya dalam setiap pertemuan.

 

“Upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan SDM serta pemenuhan kebutuhan kesehatan Lansia melalui petugas dan kader kesehatan perlu dikembangkan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Di Kota Tomohon jumlah Lansia sebanyak 12.573 atau 12,12% dari total penduduk menurut data tahun 2017,” jelas Eman.

 

“Melalui upaya ini diharapkan dapat mendorong peran aktif petugas dan kader kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan pada Lansia. Semoga dengan adanya kegiatan ini petugas dan kader kesehatan yang ada di Kota Tomohon lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan bagi Lansia,” tandasnya.

 

Narasumber Cicilia Sigarlaki SKM selaku pengelola program usia lanjut Dinas Kesehatan Daerah Sulut, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deesje Liuw MBiomed, serta para petugas dan kader kesehatan. (denny)