Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Kunjungi Bunaken Kepulauan

Berita Utama, Manado2703 Dilihat
(Foto: speednews)

MANADO – Tim penilai lomba evaluasi perkembangan Kelurahan tingkat Kota Manado tahun 2024 tim penilai tertib administrasi PKK mengunjungi Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan, Selasa (23/04/24).

(Foto: speednews)

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Rollies Rondonuwu diwakili Kabid Pemberdayaan Meiske Sekolh, SH membuka kegiatan tersebut.

Sekoh saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.

Dan untuk kecamatan Kelurahan Bunaken adalah tempat  yang  pertama dikunjungi.

Dijelaskan Sekoh, kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkemtr5rdzs3eè³3bangan desa/kelurahan dan berlaku ditingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, ” terang Sekoh.

Lanjut Seloh, untuk maksud dan tujuannya adalah untuk mengetahui status tertentu
dari capaian hasil perkembangan sebuah kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyaraka.

Baca juga:  Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Manado Mengucapkan Selamat Merayakan Paskah

Serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan.

Lagi kata Sekoh, Untuk Peserta Lomba adalah 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan
Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian.

Sememtata itu tim penilai Administrasi PKK Kota Manado juga melakukan kunjungan ke kelurahan Bunaken dan  Manado tua dua Kecamatan untuk melakukan penilaian administrasi.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bunaken Grace F Mandak – Tumbel, penilaian administrasi ini bertujuan agar masyarakat terus aktif dalam setiap kegiatan yang ada,.

Terutama mewujudkan 10 program pokok PKK yang telah di canangkan, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Baca juga:  PDI Perjuangan Kota Manado Gelar Buka Puasa Bersama

“Dengan harapan kegiatan ini membawa manfaat dan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh ibu-ibu PKK kelurahan di Kecamatan Bunaken Kepulauan untuk meningkatkan kreativitas sehingga mampu menunjang peningkatan taraf kehidupan keluarga menjadi lebih baik lagi,” harap Grace.

“Kecamatan Bunaken Kepulauan satu-satunya yang berani membawa dua kelurahan untuk ikut lomba tertib administrasi PKK kelurahan,” ungkap Grace.

“Saya mengajak kepada seluruh ibu-ibu agar dapat terus aktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan PKK,” ajaknya.

Hadir sebagai Tim Pemilai, dari Dinsos diantaranya Meiske Sekoh, Paulus Suatan, Natasha Raintung, Christi Tatuh, Felix Tamah.

Dati bidang Pembangunan Vera Kereh, dari Pemerintahan Jeane Atile, dari Dinas Kesehatan Mesery, dari unsur media Steven Rondonuwu, dari bagian keamanan Samuel Kurnia dari Dinas Pendidikan Margaretha (denny)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *