Akibat Covid-19 Sejumlah Hotel di Manado Ditutup

Manado, Pariwisata79 Dilihat
Foto istimewa

MANADO – Sejumlah hotel di Kota Manado terpaksa menutup operasional sementara waktu karena wabah virus covid-19.

 

“Hotel yang tutup sementara operasionalnya itu adalah arya duta, four point, grand central dan travelo,” kata Kepala Dinas Pariwisata Manado, Lenda Pelealu.

 

Hotel – hotel tersebut menutup sementara operasionalnya untuk mendukung langkah pemerintah mencegah penyebaran virus covid-19.

 

“Karena hotel mengikuti ketentuan untuk menjaga jarak sosial dan bekerja dari rumah, agar karyawan juga tetap aman,” jelasnya.

 

Lenda mengatakan, selain menutup operasional karena mendukung langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19, langkah tersebut sekaligus mengurangi beban operasional hotel karena rendahnya tingkat okupansi.  

Baca juga:  Ketua FKDM Manado Berpulang, Kota Manado Kehilangan Sosok Yang Menjadi Panutan

 

Hotel-hotel tersebut, kata Lenda, ada yang menutup sementara operasional seperti Arya duta misalnya menutup selama satu bulan, ada pula yang lebih. 

 

Dia mengakui penutupan hotel hotel tersebut, merupakan pukulan besar bagi usaha pariwisata yang merupakan penyumbang devisa terbesar nomor dua di Indonesia termasuk Manado. 

 

“Ini pukulan besar, bagi dunia pariwisata, karena sektor perhotelan juga menjadi penyumbang terbesar kedua di negara dan juga daerah kita, sehingga menjadi menjadi beban tersendiri bagi negara termasuk daerah,” ujarnya.

 

Kendati demikian, Lenda Pelealu mengatakan pihaknya tetap yakin, bahwa badai ini pasti berlalu, tetapi masyarakat harus tetap patuh dengan ketentuan stay at home dan mematuhi protokol social distancing sehingga penyebaran COVID 19 ini bisa dihentikan bersama. (redaksi)