Kelurahan Malendeng Berharap Terbaik di Lomba Kelurahan Tingkat Kota Manado

Berita Utama, Manado1485 Dilihat
(Foto: speednews)

MANADO – Didukung dengan fasilitas yang bisa dikatakan memadai, Kelurahan Malendeng Kecamatan Paaldua siap mewakili Kota Manado di lomba evaluasi perkembangan kelurahan tingkat provinsi Sulut tahun 2024.

(Foto: speednews)

Hal tersebut diungkapkan Camat Paldua Glen Kowaas saat dikunjungi Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan dan Lomba Tertib Administrasi PKK tingkat Kota Manado di Kelurahan Malendeng, Kamis (26/04/24).

(Foto: speednews)

“Kecamatan Paaldua mengutus kelurahan Malendeng untuk ikut dalam lomba tersebut. Tentunya bukan hanya sekedar sudah ikut berpartisipasi tapi lebih dari itu untuk mendapat yang terbaik,” terang Kowaas.

Foto bersama

Menurut Kowaas segala persiapan umtuk memgikuti sudah tersebut sudah disiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Berharap kepada tim penilai untuk menyampaikan apa saja yang masih dianggap belum siap, agar kami bisa memperbaikinya,” ucapnya.

Sebelumnya  Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Kota Manado Rollies Rondonuwu diwakili Kabid Pemberdayaan Meiske Sekoh, SH membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Sekoh mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional yang di mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.

Menurut Sekoh, untuk Kelurahan Malendeng adalah tempat  yang  keempat yang dikunjungi tim penilai.

Dijelaskannya, kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan berlaku ditingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi.

Baca juga:  Paniki Dua Utusan Kecamatan Mapanget di Lomba Perkembangan Kelurahan

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, ” terangnya.

Lanjut Sekoh, untuk maksud dan tujuannya adalah untuk  mengetahui status tertentu
dari capaian hasil perkembangan sebuah Kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat

“Tentunya juga untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan,” imbuhnya.

Lagi kata Sekoh, untuk Peserta Lomba ada 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian.

Sememtata itu tim penilai Administrasi PKK Kota Manado juga melakukan kunjungan ke kelurahan Malendeng  Kecamatan Paaldua untuk melakukan penilaian administrasi.

Menurut Jolly Engka salah satu Tim  pemilai tertib administtasi PKK mengatakan penilaian administrasi ini bertujuan agar masyarakat terus aktif dalam setiap kegiatan yang ada.

Terutama mewujudkan 10 program pokok PKK yang telah di canangkan, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Baca juga:  Pnt Richard Sualang Pimpin Delegasi P/KB Rayon Manado Serahkan Bantuan di Bitung

“Dengan harapan kegiatan ini membawa manfaat dan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh ibu-ibu PKK kelurahan yang ada di Kecamatan Paaldua untuk meningkatkan kreativitas sehingga mampu menunjang peningkatan taraf kehidupan keluarga menjadi lebih baik lagi,” harap Engka.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh ibu-ibu agar dapat terus aktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan PKK.

Hadir sebagai Tim Penilai, dari Dinsos diantaranya Paulus Suatan, Natasha Raintung, Christi Tatuh Felix Tamah.

Dari unsur Pembangunan Vera Kereh, dari Unsur Pemerintahan Jemmy dan Jean Atile, dari Dinas Kesehatan Meriansi Sarambe dan Mesery, dari unsur Keamanan Samuel Kunia, dari unsur media Steven Rondonuwu, dari Dinas Pendidikan Margaretha.

Hadir juga Camat Paaldua Glen Kowaas bersama Ketua Tim PKK Ny Gladys Kowaas Najoan, Lurah Malendeng Anwar S. Halidu, S.Pi bersama istri Ny Natali Halidu Pantouw, para Lurah, Ketua Lingkungan serta undangan lainnya. (denny)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *