Poluan : Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Menggunakan Sirekap Berbasis Android, KPPS Harus Paham Teknologi

(Foto: ist)

MANADO – KPU Sulut kembali gelar Media Gathering bersama pewarta, kali ini Ketua KPU Sulut Paparkan Tahapan Pemilu 2024 yang sementara berlangsung yakni rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Best Western The Lagoon Hotel Manado, Rabu-Kkamis (19-20/12/23).

Dalam pembukaan kegiatan Ketua KPU Sulut Kenly Poluan menjelaskan saat ini KPU sementara melaksanakan rekrutmen KPPS se-Sulut oleh KPU Kabupaten dan Kota, pendaftarannya telah dimulai sejak tanggal 11 Desember 2023 hingga tanggal 21 Desember 2023.

“Untuk itu kami membutuhkan keterlibatan media untuk turut mengawal proses rekrutmen tersebut, jika dalam prosesnya ada pelanggaran ditemui segera laporkan ke kami agar sesegera mungkin kami akan menindaklanjutinya,” ujar Poluan.

Baca juga:  Sang Maestro RIchard Sualang, Bawa PDI Perjuangan Manado Dominasi Kursi di Legislatif

“Saat ini kami tengah melakukan bimbingan teknis kepada PPK se-Sulut untuk memperkenalkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) berbasis Android terkait dengan tahapan pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara, oleh karenanya untuk rekrutmen KPPS yang tengah berlangsung, diantara 7 orang calon KPPS itu, ada yang bisa paham penggunaan teknologi,’’ ungkapnya.

Selain itu  sekedar informasi KPU Sulut telah menandatangani Nota Kesepakatan Hibah Daerah (NPHD) senilai 82,5 Milyar namun untuk penggunaanya kami masih menunggu ketentuan penggunaan anggaran Hibah Pilkada yang akan terbit sekitar akhir bulan ini.

“Dimana dalam pengelolaannya kami akan melibatkan banyak pihak termaksud media sehingga kami perlu kerjasama dari rekan media semua,” terangnya.

Baca juga:  Walikota, Wawali, Sekda Buka Puasa Bersama Jamaah Al-Kautsar Kairagi Dua

Turut hadir sebagai narasumber Anggota Bawaslu Sulut Erwin Sumampouw, Dosen Kepemiluan Unsrat Manado Ferry D. Liando dan Tim Pemeriksa Daerah DKPP Sulut Victory Rotty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *