Irjenad Mayjen TNI Jhony Lumban Tobing Kunjungi Lokasi TMMD di Tomohon

Berita Utama, Tomohon216 Dilihat
Mayjen TNI Jhony Lumban Tobing saat berada di lokasi TMMD (foto: ist)

 

TOMOHON – Inspektur Jendral TNI Angkatan Darat ( Irjenad ) Mayor Jenderal TNI Johny Lumban Tobing mengunjungi lokasi pelaksanaan TMMD ke-103 Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon, Senin (05/11/18) sekitar Pukul 09.50 Wita.

 

Kunjungan Irjenad tersebut mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat Pangolombian dengan menampilkan Tarian Kabasaran, kemudian rombongan disambut dengan pengalungan Bunga oleh Anak dari Lurah Pangolombian, selanjutnya Mayjen Johny L. Tobing disambut dengan alunan Musik Bambu yang dibawah pimpinan Plh Danramil 1302-07/Tombariri Pelda Jansen Linu.

 

Pada kesempatan ini Irjenad melaksanakan tatap muka bersama Warga Masyarakat Pangolombian, Tokoh Adat, Tokoh Agama, para Tokoh Pemuda, serta unsur pemerintah Kota Tomohon, dalam kesempatan tersebut Mayjen Johny L. Tobing memberikan Sambutan.

 

“Adapun maksud dari kedatangan saya dan staf ke tempat ini adalah dalam rangka melaksanakan peritah Bapak Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD, guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD dilapangan untuk mendapatkan saran/masukan sebagai bahan evaluasi perbaikan TMMD yang akan datang,” ujar Tobing.

 

Dikatakannya, TMMD telah berjalan 38 tahun, diawali pada tahun 1980 ketika Jendral M. Yusuf untuk pertama kali menggagas kegiatan ini masih bernama ABRI masuk desa (AMD), Program AMD terfokus pada pembangunan masyarakat di pedesaan, desa di pilih sebagai objek pembangunan karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan Nasional termasuk didalamnya sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di desa, sehingga desa merupakan pertahanan terakhir dalam pertahanan Negara.

Baca juga:  Kota Manado Berkontribusi Besar Dalam Pertumbuhan Ekonomi di Sulut

 

Lebih lanjut Jenderal Berbintang Dua ini mengatakan, TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian/LPNK Pemda dan Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah daerah.

 

Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan mengunakan proses bottom up planning sistem yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur unsur yang terkait dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan kab/kota.

 

“Dalam pelaksanaan TMMD kali ini marilah kita bersama sama bergotong royong saling membantu untuk mensukseskan pelakasanaan TMMD ke 103 agar hasil pelaksanaan TMMD dapat di manfaatkan dan diknimati masyarakat dalam jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI-Rakyat,” ujar Jhony Lumban Tobing.

 

Usai tatap muka, Irjenad langsung menuju lokasi pembangunan Tiga Pilar, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kelokasi Dua melihat pembuatan Plat Duicker, setelah itu rombongan melanjutkan peninjauan ke lokasi pembangunan Jamban, usai melihat lihat hasil pembangunan dilokasi satu, Irjenad melanjutkan ke lokasi satu juga masih pembangunan jalan dan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis.

Baca juga:  Di Hut Satpol & Linmas Walikota Serahkan Penghargaan Karya Bhakti Peduli

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Danrem 131/Stg. Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Kasrem 131/Stg Kolonol Inf Drs Theo Kawatu, Kasiren 131/Stg Kolonel Czi M. Andhy Kusuma S.Sos MM. para staf Ahli dan Asisten dan Kabalak Kodam XII/Merdeka, Para Kasi dan Kabalak Korem 131/Stg. Letkol Inf Rian Anggota Tim Irjenad,

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE.Ak, Wawali Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir.Miky Wenur, Kajari Kota Tomohon Edi Winarko SH.MH, Kapolres Tomohon AKBP Rasman Sirait, Ketua Pengadilan Negeri  ST IKO SUDJATMIKO, SH, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, S.Th, Sekot Tomohon Harod Lolowang MSi, Camat Tomohon Selatan Syske Wongkar SPd, Lurah Pangolombian Youce Sarese, SKPD Kota Tomohon, Toga,Toma dan Toda serta masyarakat Pangolombian. (Denny/humas TMMD)