Sekda Kuhu Buka Bimtek Penyusunan Profil Desa Berbasis WEB

Minahasa Utara46 Dilihat
Sekda Minut Ir.Jemmy Hengki Kuhu saat membuka Kegiatan

 

Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh, dalam hal ini Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang di kepalai Bobby Najoan, menggelar Bimbingan Tehnik (Bimtek) tentang Penyusunan Profil Desa Berbasis WEB yang di selenggarakan di Hotel Eden Kartika Plaza Bali pada Senin s/d Kamis, 29 Juli s/d 01 Agustus 2019 nanti.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh. membuka Bimbingan Tehnik yang di gelar, yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan profil desa, yang dalam sambutannya mengatakan, “Mengapresiasi pelaksanaan Bimtek juga keikutsertaan peserta karena memiliki arti yang strategis dalam pencapaian tujuan kebijakan pembuatan profil desa berbasis Website. Melalui forum ini berbagai kebijakan dan program pemerintah dapat di komunikasikan dan permasalahan yang terjadi dapat dicarikan jalan keluarnya secara komperhensif dan sistimatika”, ujar Sekda Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA.

Lanjutnya, “Ketersediaan data yang valid dan akuntabel semua merupakan suatu elemen penting dalam perencanaan dan program-program profil desa. Namun fenomena selama ini menunjukan bahwa profil desa selama ini belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mengingat tahun ini diperhadapkan dengan restrukturisasi perangkat desa dan pemilihan hukum tua 2019 secara serentak.

Baca juga:  PemKab Minut akan Salurkan THR dan Gaji ke-13 Tepat Waktu

Dengan adanya pedoman profil desa diharapkan para aparatur desa dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja yang meliputi seluruh kegiatan pemerintahan. Tindak lanjuti kebijakan pemerintah dalam mengembangkan profil desa guna tercapainya pembinaan aparatur desa yang efektif melaksanakan tugas dalam terlaksananya pemerintah desa yang mandiri” tukas Sekda Kuhu.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD) Bobby Najoan mengatakan, “Berharap para peserta dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendorong 125 desa di Kabupaten Minahasa Utara memiliki website yang berisi profil desa. Website ini berisi seluruh informasi tentang desa, mulai dari demografi, data luas wilayah, lahan pertanian sampai dengan semua data kependudukan di setiap desa”, ujar Bobby Najoan.

Lanjutnya, “Penilaian Kementrian Desa terhadap website yang berisi profil desa ini sangat tinggi karena akan menjadikan desa yang unggul diantara desa-desa di Indonesia. Desa-desa di Minut wajib memiliki website yang berisi profil desa, karena jika tidak, akan berpengaruh kepada pengelolaan program-program pembangunan di desa yang bersangkutan, ” tukas Bobby Najoan.

Baca juga:  Kebersamaan, PemDes Tumaluntung Buka Puasa Bersama Jamaah Masjid Al Hidayah

Nara sumber dalam Bimtek ini adalah M Syuri Syaful SE dari Balai Besar Pemdes, Kemendagri di Malang, Sabam P Silaen, SE Ak Auditor Ahli Madya Lembaga Bahana Mulya Dharma(BMD), Bambang Haryadi IT BMD. (rbb

Sementara itu, Kabid Pemdes Dolly Kenap SH MH mengatakan, “Peserta Bimtek Penyusunan Profil Desa Berbasis Web ini berjumlah 186 orang yang terdiri dari Hukum Tua 74 orang, Sekdes 77 orang, Kaur Keuangan 27 orang, Kaur Pemerintahan 2 orang Sekcam 1 orang dan BPD 5 orang yang berasal dari 97 desa dan didampingi oleh 4 orang Camat yang terdiri dari Camat Kalawat Alexander Warbung SIP, Camat Kema Vilma Anthoni SH MH, Camat Likupang Selatan Adrian Walansendouw SPd dan Camat Kauditan Martho Rasubala serta 5 orang perwakilan PKK”, ujar Kabid Pemdes Dolly Kenap SH MH.

reinold