Bupati Joune Ganda Apresiasi Desa Tumaluntung Dapat Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021

Minahasa Utara98 Dilihat
Bupati Joune Ganda, S.E.

 

Minut – Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara berhasil masuk 100 besar “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021”, yang diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Dari 70.000 lebih desa yg tercatat di Indonesia, sebanyak 1.831 mendaftar dan hasil kurasi penetapan 300 besar, Sulawesi Utara termasuk di dalamnya yaitu Desa Tumaluntung, Desa Palaes dan Desa Budo dari Minahasa Utara serta Desa Bukaka dari Bolmong Timur.

 

 


Desa Tumaluntung berhasil menjadi perwakilan Sulawesi Utara di tingkat Nasional dengan ditetapkannya Desa Tumaluntung masuk 100 besar “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021”, menyisihkan 2 Desa lainnya di Minahasa Utara dan 3 Desa di Sulawesi Utara di 300 besar.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, S.E. mengatakan, “Mengapresiasi Desa Tumaluntung dapat Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021, Desa Tumaluntung berhasil masuk 100 besar “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021″, yang diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.
Ini prestasi Nasional yang sangat membanggakan. Tapi jangan berpuas diri, sebab tahapan akhir masih akan dilaksanakan. Mari kita terus bekerja keras dan berdoa agar Tumaluntung masuk nominasi Desa Wisata Lanjutan”, ujar Bupati Joune Ganda.

Baca juga:  Minut Kembali Raih Anugerah Piala Adipura

Lanjut dikatakannya, “Bangga dan mengapresiasi kerja keras dari dinas terkait dan masyarakat serta tim yang telah mempersiapkan hal ini. Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara akan terus membangun sinergitas ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Pusat untuk mendorong inovasi dan kreativitas dalam  rangka meningkatkan perekonomian Desa melalui sektor pariwisata”, tutur Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, S.E.

Kadis Pariwisata Minut, Audy Sambul mengatakan, “Dalam ajang “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 ini, tim Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengajukan tiga Desa di Kabupaten Minahasa Utara, yakni Desa Palaes, Desa Budo dan Desa Tumaluntung.

Pada nominasi 300 besar, ketiga Desa tersebut masih masuk, namun tiba di nominasi 100 besar, tinggal  Desa Tumaluntung yang berhasil masuk 100 besar ADWI 2021”, ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, Audy Sambul.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Pimpin Rakornev Penanganan Bencana

Lanjutnya, “Capaian 100 besar ini satu hal membanggakan dan bagi Kabupaten Minahasa Utara, kita berharap dan berdoa Desa Wisata Tumaluntung masuk nominasi tahap selanjutnya, 50 besar “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)” tahun 2021.

Prestasi ini merupakan berkat kerja keras dan dukungan semua pihak, dukungan Bupati, DPR, pengelola wisata, pokdarwis dan masyarakat yang terus mempromosikan dan menggiatkan pariwisata.

Mari kita terus berkreasi dan berkarya untuk mendulang prestasi di tingkat Nasional, membanggakan Kabupaten Minahasa Utara, menjadi Kebanggaan Sulawesi Utara”, tukas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, Audy Sambul antusias.

(enol)