Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Minut Pertama Laksanakan e-Katalog Lokal

Minahasa Utara64 Dilihat
Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, S.E. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H.

 

 

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, S.E. dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Kevin William Lotulung, S.H., M.H. mengeluarkan Instruksi Untuk memanfaatkan e-katalog Lokal, dan Kabupaten Minahasa Utara adalah yang pertama melaksanakan e-katalog Lokal di Sulawesi Utara.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, S.E. dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Kevin William Lotulung, S.H., M.H.
serius menyikapi Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi, sehingga mengeluarkan Instruksi Untuk memanfaatkan e-katalog Lokal, dan Kabupaten Minahasa Utara adalah yang pertama melaksanakan e-katalog Lokal di Sulawesi Utara, dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Baca juga:  Gerakan Pangan Murah, Bupati Joune Ganda : Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

Hal ini dibuktikan dengan telah ditayangkannya etalase produk pada e-katalog Lokal Minahasa Utara.

Berdasarkan data dari LKPP-RI, untuk Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, Minahasa Utara adalah yang pertama melaksanakan e-katalog lokal dengan jumlah transaksi per 30 Juni 2022 sebesar Rp. 1.246.850.000,-.

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda mengatakan, “Saya telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 11 Tahun 2022 pada tanggal 28 Juni. Setelah adanya Instruksi Presiden ini, Kabupaten Minahasa Utara telah memanfaatkan e-katalog lokal. Diawali dengan dilaksanakannya Sosialisasi dan Bimtek e-katalog lokal bagi para pelaku usaha lokal dan UMKM, dan para PPK Perangkat Daerah pada bulan April yang lalu.
Saat ini sudah ada transaksi dan realisasi pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog lokal, dan untuk meningkatkan jumlah transaksi dan penayangan produk pada etalase e-katalog lokal Kabupaten Minahasa Utara.

Baca juga:  Kejari Minut Seriusi Laporan Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Bulutui

Dengan dimanfaatkannya e-katalog lokal di Kabupaten Minahasa Utara ini, merupakan ukuran keberhasilan aksi peningkatan profesionalitas dan modernisasi pengadaan barang dan jasa, yang nantinya dapat meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan memperluas peran serta para pelaku usaha lokal.

Saya juga meminta bantuan dan kerjasamanya kepada para pelaku usaha yang merupakan mitra kami, dan juga salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Minahasa Utara, untuk turut menyukseskan pembangunan di kabupaten kita tercinta ini”, ujar Bupati Joune Ganda, S.E

(enol)