Pelaporan Keuangan Desa di Minut, Wajib Gunakan Aplikasi SIA

Minahasa Utara35 Dilihat
Kepala Bidang Dolly Kenap Saat memberikan materi

 

Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh melalui Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) yang di kepalai Bobby Najoan SH, menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Bumdes Penyusunan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi (SIA) yang di selenggarakan di Sutanraja Hotel pada Senin, 15 Juli 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh membuka Bimtek, yang dalam sambutannya mengatakan, “Bimbingan Teknik (Bimtek) Bumdes Penyusunan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi (SIA) sangat baik dalam menunjang pemberdayaan masyarakat desa di bidang usaha ekonomi rakyat. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pengurus Bumdes yang memiliki kompetensi dan inovatif dalam menguasai teknologi informasi dalam mendayagunakan aplikasi Sistem Informasi Aplikasi (SIA) ini”, ujar Sekda Ir. Jemmy Hengky Kuhu MA.

Baca juga:  Camat Royke Rampengan Lantik Tiga Perangkat Desa Tumaluntung

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut, Johan Iswara Hartanto sebagai pembawa materi dalam kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Bumdes penyusunan dan Pelaporan Keuangan Berbasis Aplikasi SIA mengatakan, “Meminta kepada seluruh desa yang ada di Minut agar dalam penyusunan dan pelaporan keuangan di Bumdes dengan wajib menggunakan Sistem Informasi Aplikasi (SIA). Tanpa jaringan internet atau offline pun, aplikasi ini bisa dijalankan. Bahkan orang yang belum mahir akuntansi bisa menjalankan aplikasi ini untuk pembuatan laporan keuangan karena nanti akan langsung dibimbing oleh program aplikasi tersebut”, ujar Johan Iswara Hartanto.

Lanjutnya, “Pengelolaan keuangan Bumdes memang sangat rumit, karena memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu, peran BPKP dalam melakukan pendampingan sangat diperlukan. Aplikasi SIA ini sudah disederhanakan. Namun jika belum juga mengerti, kami dari BPKP siap membantu”, tandasnya seraya mengatakan jika aplikasi ini sudah terbaru dan telah dicoba di beberapa daerah.

Baca juga:  Kerja Keras JGKWL Menekan Stunting Berhasil, DPPKB Minut Terus Gelar Mini Lokakarya

Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Minut, Bobby Najoan SH mengatakan, “Berharap kepada peserta Bimtek yang berasal dari perangkat desa agar bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Di Sulut, Minut merupakan daerah yang pertama menggunakan aplikasi ini. Jadi manfaatkan bimtek ini dengan baik”, ujar Bobby Najoan SH di dampingi Kepala Bidang Dolly Kenap.

reinold