DPPKB Gelar Workshop Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia

Minahasa Utara85 Dilihat

 

DPPKB Gelar Workshop Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia

Minut – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Minahasa Utara yang dikepalai Kadis dr. Jane Symon menggelar Workshop Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI), yang diselenggarakan di Luwansa Hotel Manado, pada Selasa dan Rabu, 06 dan 07 Desember 2022.

“Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) merupakan kegiatan untuk memutakhirkan Data Keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi, mencatat migrasi dan mendata keluarga baru yang belum ada pada data hasil Pendataan Keluarga (Basis Data Keluarga Indonesia) melalui kunjungan rumah dengan cara mewawancarai atau mengobservasi keluarga”, ujar Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Advokasi, Penggerakan dan informasi, Lilian S. Harimisa, S.H., mewakili Kadis dr. Jane Symon.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Tetapkan Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana

Lanjut dikatakannya, “Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) dilakukan untuk mendukung Perpres No.72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Inpres No.3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Kampung KB dan Inpres No.4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) dilaksanakan dengan cara mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi oleh kader pendata di bawah koordinasi perangkat Desa setempat sesuai petunjuk pelaksanaan.

Hasil yang akan dicapai dari Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) adalah menyediakan basis data keluarga Indonesia juga sebagai dasar penetapan kebijakan dalam optimalisasi kampung keluarga berkualitas, intervensi penghapusan kemiskinan ekstrem dan percepatan penurunan stunting serta program pembangunan lainnya yang berbasis keluarga, sehingga kedepan, data keluarga Indonesia yang dihasilkan dari Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan data dan informasi Program Bangga Kencana, dapat dipertanggungjawabkan dan digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara dalam beberapa upaya intervensi mendukung terwujudnya keluarga berkualitas, mewujudkan Kabupaten Minahasa Utara Hebat sesuai program, visi dan misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E., MAP. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H.”, tandas Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Advokasi, Penggerakan dan informasi, Lilian S. Harimisa, S.H.,

Baca juga:  Kerja Keras JGKWL Menekan Stunting Berhasil, DPPKB Minut Terus Gelar Mini Lokakarya

(enol)