Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Sehari Belajar Bersama di SD Negeri Kolongan

Minahasa Utara256 Dilihat

Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda, S.E., MAP., M.M., M.Si. dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, S.H., M.H., dalam rangka Gerakan Transformasi Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, Implementasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, menggelar sehari Belajar Bersama PAUD dan SD Kelas Rendah secara serentak se Kecamatan Kalawat, yang diselenggarakan di SD Negeri Kolongan, pada Kamis, 04 April 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Alexander Dipan, yang dalam penyampaiannya mengatakan, “Masa transisi PAUD SD merupakan tonggak yang sangat penting dalam kehidupan anak, banyak anak yang memiliki kesulitan dalam menghadapi lingkungan baru juga miskonsepsi dalam implementasi penerimaan siswa baru dan implementasi pembelajaran pada masa transisi. Salah satu solusi program masa transisi PAUD SD adalah program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-kanak (TK).

Dalam surat pemberitahuan DirJen, diingatkan kembali untuk menguatkan implementasi tiga target perubahan. Target perubahan yang pertama adalah penerimaan peserta didik baru pada SD sederajat tidak menerapkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes lain sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010″, ujar Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Alexander Dipan.

Lanjut dikatakannya, “Target perubahan kedua adalah satuan PAUD dan SD/MI kelas awal melakukan pengenalan peserta didik dengan lingkungan belajarnya serta melakukan asesmen awal. Sedangkan target perubahan ketiga adalah satuan PAUD dan SD/MI kelas awal menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi peserta didik. Hasil Observasi ini untuk mengukur kesiapan Satuan Pendidikan dalam masa Persiapan Transisi PAUD ke SD yang ada di Minahasa Utara, Khususnya yang ada di Kecamatan Kalawat”, jelas Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Alexander Dipan.

Baca juga:  Audit Kasus Stunting DPPKB Minut, Jane Symons : Upaya Pencegahan dan Perbaikan Penanganan Kasus Stunting

Ketua K3S Kalawat Meyke Humbas, S.Pd. mengatakan, “Mengucapkan selamat datang Satuan PAUD Pelaksana Program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan lewat kegiatan kunjungan dan bergabung dengan kelas rendah SD Negeri Kolongan.
Dengan kegiatan ini, peserta didik TK dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan peserta didik SD dan para pendidik yang ada di Sekolah Dasar sehingga peserta didik TK merasa bahwa murid dan guru SD aman dan nyaman untuk bersosialisasi dan anak TK merasa warga SD menyenangkan.
Kemampuan observasi dan eksplorasi peserta didik terhadap lingkungan baru (Sekolah Dasar) meningkat melalui kegiatan yang dirancang secara menyenangkan kolaborasi dan bersinergi antara guru TK dan guru SD”, ujar Ketua K3S Kalawat Meyke Humbas, S.Pd.

Lanjutnya, “Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan, semangat dan pengalaman baru untuk anak TK menyiapkan fisik dan mentalnya agar lebih siap memasuki Sekolah Dasar.
Tindak lanjut kegiatan ini terhadap upaya menjembatani kesiapan bersekolah lulusan TK / PAUD yang ada di Kecamatan Kalawat saat meneruskan ke jenjang sekolah dasar adalah dengan mengadakan pertemuan dan diskusi antara pendidik TK dengan pendidik SD untuk menyamakan persepsi pentingnya transisi PAUD SD dan merancang kegiatan menarik lainnya agar anak lebih siap masuk SD dengan menyenangkan; juga pengorganisasian pembelajaran untuk menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak pada fase sehingga anak lebih siap masuk jenjang pendidikan selanjutnya dari berbagai aspek; juga dengan mengadakan kegiatan yang menarik dan inovatif untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menambah wawasan peserta didik tentang jenjang pendidikan sekolah Dasar”, ujar Ketua K3S Kalawat Meyke Humbas, S.Pd.

Baca juga:  Bantah Isu Keretakkan Hubungan, Bupati Joune Ganda : Torang Siap Lanjutkan Program JGKWL

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua Gugus PAUD Kalawat, Youla Diana Tielung, S.Pd., Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas, Kepala Seksi PAUD Olga Watania, S.Pd., M.Pd., Kasi Kurikulum Natalia Supit, M.M., Kasi Perizinan Juliana Pandelaki, S.Pd., Unsur Pengawas, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut Dra. Conny Liu, Dewi Poluan, SPT dan 80 orang siswa-siswi PAUD dari TK GMIM Bukit Moria, TK Hanna Kolongan dan Seven Bafs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *